Manajemen Waktu

Manajemen Waktu


v  Moderator  : Ridho Novandri
v  Pemateri     : M.Farid Rivai (Dosen S1 Teknik Informatika)

Apa itu manajemen waktu?
·         Manajemen waktu adalah bagaimana cara kita mengalokasikan waktu berdasarkan tingkat prioritas dari masing-masing pekerjaan kita agar tiap tugas memiliki porsinya masing-masing untuk dikerjakan sampai selesai (tidak telat dari deadline).

Perihal apa saja yang ada di dalam manajemen waktu?
  • ·         Perencanaan,pengorganisasian,pergerakan,dan pengawasan produktivitas waktu
  • ·         Penentuan apa saja yang harus dikerjakan dan kapan mengerjakannya
  • ·         Keuntungannya dalam kuliah,kerja,dan dalam kehidupan sehari-hari (lebih tertata)


Gagalnya proses memanajerisasi waktu adalah suka menunda-nunda.
Berikut beberapa alasan orang suka menunda-nunda mengerjakan tugasnya :
  • ·         Menunggu mood lebih baik
  • ·         Menunggu waktu yang lebih baik

Bagi mahasiswa nih,hal-hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin menjadi mahasiswa PRO :
  • ·         Buat jadwal mingguan dan durasi/lama pengerjaannya
  • ·         Buatlah jadwal kerja tiap semester
  • ·         Buatlah jadwal rencana anda selama studi


Kenali dirimu melalui pertanyaan ini,lalu renungkan!
  • ·         Berapa lama anda bias kosentrasi dalam belajar?
  • ·         Pada saat apa saja anda bisa belajar optimal (subuh/pagi/siang/sore/malam/tengah malam)?
  • ·         Kegiatan-kegiatan kurang penting apa saja yang membuat anda menunda-nunda belajar?
  • ·         Kegiatan apa saja yang tidak berhubungan dengan studi anda namun bermanfaat bagi anda?

e    Pikirkan apa yang perlu anda tingkatkan,dan apa yang anda harus kurangi,bahkan yang harus anda hilangkan!


    Strategi Manajemen Waktu

1.       Kenali time waster anda
Ø  Buatlah perjanjian untuk menghilangkan/menguranginya
Ø  Biasakan diri untuk menghilangkan/menguranginya

2.       Tentukan prioritas
Ø  Buatlah prioritas anda
Ø  Buatlah jadwalnya (kapan mengerjakannya dan lama pengerjaannya)

3.       Jadikan deadline sebagai kawan
Ø  Buatlah table deadline (tanggal,kegiatan,durasi)

4.       Jangan paksakan mengerjakan pekerjaan selesai sekali duduk
Ø  Buatlah menjadi bagian-bagian kecil
Ø  Untuk pekerjaan besar dan membosankan,buatlah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi

5.       Buat Rutinitas harian
Ø  Otak terdiri dari otot-otot seperti yang dimiliki otot tubuh.Otot punya “jam kerja” tersendiri kapan bekerja dengan baik jika memiliki manajemen jam kerja teratur

6.       Beristirahat setelah belajar
Ø  Istirahat 10 menit setelah 1 jam bekerja
Ø  Jadikan 10 menit anda benar-benar lepas dari pekerjaan anda
Ø  Istirahat minimal 2 hari seminggu

7.       Ciptakan hidup yang lebih bervariasi
Ø  Dengan mengikuti organisasi atau UKM tertentu.

Closing Statement :
“Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang ‘bahagia’.Manajemen waktu yang baik dapat membantu anda menjadi mahasiswa yang bahagia.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 GAME LOGIKA TERPOPULER DAN TRIKNYA

TUGAS SISTEM BASIS DATA

HIERARKI CHOMSKY